Recent Posts

Contributors

Bola Pitue dan Hutan Mangrov Pulau Panikiang Kab Barru Obyek Wisata dan Budaya.

Kamis, 25 Oktober 2018
Bola Pitue dan Hutan Mangrov Pulau Panikiang Kab Barru  Obyek Wisata dan Budaya.
 Bola Pitue
Pulau Panikiang dengan Hutan Mangrove.

www.desakunews.id - Barru, Obyek Wisata unggulan, Bola Pitue, yang artinya ''tujuh rumah'',  terletak di kelurahan Mangempang, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan,  merepresentasikan 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Barru, masing masing kecamatan mempunyai rumah adat bugis, sebagai perwakilan, sama seperti Taman Mini Indonesia Indah, tapi hanya replikasi Kabupaten Barru.

Di taman wisata ini terdapat 7 rumah adat Bugis, yang rumah panggung yang terbuat dari kayu pilihan. Bola Pitue sendiri tetap mempertahankan ciri khas rumah adat Bugis, khususnya Bugis Barru dan sekitarnya. Hal tersebut dilihat dari ukiran-ukirannya dan beberapa ornamen Khas Bugis, dari timpa laja'nya, hingga ruangan yang disertai lego-lego atau teras depan.

Sementara Pulau Pannikiang berada di desa Madello, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru. Pesona alam di pulau ini menghadirkan pemandangan hutan mangrove yang didiami segerombolan kelelawar, dan berbagai eneka biota laut.

Tempat ini juga didaulat sebagai daerah yang memiliki hutan mangrove terbaik di Sulawesi Selatan. untuk  menuju pulau tersebut, wisatawan cukup menggunakan perahu dari Pantai Sumpang Binangae, yang juga ibukota Kabupaten Barru, dengan tarif sebesar Rp150 ribu.(Myslaupa.....)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar