Recent Posts

Contributors

Luwu Utara Meraih Tiga Warisan Dunia, Salah Satunya Makanan Kapurung.

Rabu, 10 Oktober 2018



desakunews.id - Jakarta, Sejumlah tamu dan pengunjung dari berbagai daerah yang hadir pada acara penyerahan sertifikat warisan budaya, yang berlangsung di  Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Rabu (10/10/2018) sore, kepincut untuk menikmati kapurung Masamba, Luwu Utara yang dihidangkan di pintu masuk gedung.

Mereka rata-rata ingin mencicipi makanan khas masyarakat Luwu ini. Selain kapurung juga dihidangkan Dange, Lawa Pacco, Parede dan lainnya.

" Saya pernah makan papeda Ambon. Tapi kapurung, rasanya lebih enak. Komplit," kata salah satu tamu.

Kapurung merupakan salah satu diantara sejumlah makanan khas daerah dari seluruh Indonesia yang meraih sertifikat warisan budaya,  yang diberikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Selain kapurung, Luwu Utara juga meloloskan dua warisan budaya lainnya yakni Tari Pajjaga Boneballa dan Mangaru'. Di Sulsel, ada delapan daerah lainnya yang menyumbang warisan budaya tak benda.

Misalnya, Luwu Timur dengan Tari Kajangki, Toraja Utara dengan Rambu Solo' dan Mangrara Banua. " Kita bersyukur ada tiga warisan budaya Luwu Utara yang meraih sertifikat," kata Andi Syarifah, Kasubid Cagar Budaya dan Permuseuman pada Dinas Pariwisata Luwu Utara. (yustus/hmr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar