Recent Posts

Contributors

Produk UKM Pangkep Butuh Inovasi dan Kemasan Yang Menarik.

Rabu, 31 Oktober 2018


www.desakunews.id - Produk lokal Pangkep masih membutuhkan sentuhan inovasi dan kreativitas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pengrajin dan UKM yang ada di daerah ini.

Hal inilah yang menjadi tantangan dan membutuhkan solusi penanganannya. Asisten Ekonomi Pembangunan, Ir.H.Sunandar, mengatakan itu saat membuka seminar hasil kajian tata kelola budidaya dan pemasaran produk unggulan,Rabu (31/10) di kantor bupati

Seminar hasil ini dilaksanakan Balitbangda bekerjasama dengan Politani Negeri Pangkep. Dalam uraiannya, Dra. Risnawaty Sakkirang, MSi, Kepala Balitbangda,  menjelaskan,  tujuan seminar itu mendapat rekomendasi tentang kebijakan pengembangan produk unggulan jeruk Bali dan ikan bandeng.

Ketua Peneliti dan pengabdian masyarakat (P3M) Politani Pangkep, DR.Ir. Dahlia MP,  mengakui jika produk unggulan Pangkep masih membutuhkan inovasi dan kreativitas. Ia menyebutkan bandeng dan jeruk masih membutuhkan sentuhan kemasan dan varian rasa.  Selama ini pihak Politani telah melakukan pembinaan kepada UKM yang ada Pangkep,  khususnya ikan bandeng tanpa duri. " Namun kemasannya masih kurang sempurna sehingga kurang bersaing dengan produk yang sama dari daerah lainnya".

Untuk produk jeruk dan ikan bandeng di Pangkep, sekarang ini masih dilakukan secara sederhana. Selain untuk konsumsi seperti lauk, ikan bandeng juga banyak dijadikan hasil olahan seperti ikan tanpa duri, naget bandeng, hingga olahan kerupuk . Namun kemasannya masih perlu diberikan sentuhan inovasi sehingga menarik dilihat konsumen.(Rdy).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar