Recent Posts

Contributors

Puskesmas Sabbang Kunjungi SDN 008, Berburu Suspek Kusta

Senin, 29 Oktober 2018



www.desakunews.id - Luwu Utara, Upaya menuju Eliminasi Kusta Tahun 2020, Puskesmas Sabbang Kabupaten Luwu Utara terus mencari penderita kusta baru. Skrining terus dilakukan,  melalui kegiatan pemeriksaan pada anak sekolah.

Seperti terpantau pada, Selasa, 30/10/2018,  di SDN 008 Dandang Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara, petugas Kesehatan nampak memeriksa secara cermat bagian kulit dari sejumlah murid sekolah.

Naomi, S. Kep., Pengelola Program P2 Kusta Puskesmas Sabbang, menjelaskan kegiatan  ini,  dilaksanakan dengan mencari dan memeriksa bercak pada kulit para pelajar.

Anak sekolah yang diperiksa dalam kegiatan ini berjumlah 198 orang, merupakan murid dari kelas 1 hingga kelas 6,  di Sekolah Dasar Negeri yang dipimpin Hj. Bidasari Basala, S.Pd ini.

Menurut Hairul Muslimin, SKM, Kepala Puskesmas Sabbang, penyakit kusta merupakan penyakit menular yang mesti dideteksi sejak dini di masyarakat.

"Anak sekolah perlu diperiksa, jika ada ditemukan suspek kusta, harus segera ditindaklanjuti dengan pemeriksaan lanjutan dan pengobatan." ucap Hairul Muslimin.

Penyakit kusta juga dikenal oleh masyarakat dengan sebutan penyakit lepra atau dalam bahasa Bugis Makassar dikenal dengan penyakit Kandala. Penyakit ini terus menjadi perhatian pemerintah untuk ditanggulangi, mengingat dampaknya bagi keberlangsungan hidup dan tingkat kesehatan masyarakat.

Menurut Hairul Muslimin, penyakit kusta merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Leprae yang manifestasinya pada kulit dan syaraf tepi.

Pengobatan atas penyakit ini dapat dilakukan di puskesmas dan rumah sakit. Hairul menjelaskan pengobatan kusta gratis bagi penderitanya.

Sejauh ini, hasil dari pelaksanaan skrining kusta di sekolah, belum ditemukan adanya terduga kusta.

Untuk lebih mengoptimalkan upaya penemuan dan penanggulangan penyakit kusta, jebolan FKM UNHAS Makassar ini mengharapkan,  agar masyarakat secara sadar memeriksakan diri atau melaporkan ke petugas kesehatan jika menemukan orang terduga kusta.
(yustus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar