Recent Posts

Contributors

Peningkatan Kapasitas Aparat Desa Terus di Tingkatkan Kualitasnya.

Jumat, 07 September 2018
Peningkatan Kapasitas Aparat Desa Terus di Tingkatkan Kualitasnya.



desakunews.id, - Kepala desa dan perangkatnya mempunyai tugas berat dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa. Saat ini, desa-desa di Kabupaten Luwu Utara dituntut mampu mengelolah anggaran pemerintah yang nilainya cukup besar mencapai Rp1 milyar lebih setiap tahunnya.

Sehingga Kepala desa dan perangkatnya mesti lebih meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan berbagai kegiatan pelatihan ataupun bimbingan teknis (Bimtek),  Termasuk kegiatan peningkatan SDM aparatur desa yang diselenggarakan bagi perangkat desa, yang berlangsung di Malino tanggal 7-9 Setember 2018.

Hal itu diungkapkan Kepala Pemerintahan Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara, Saleh S.Sos M.Si pada media ini melalui WhatsApp nya, 7/9/2018.

Menurutnya, pelatihan peningkatan SDM Kepala Desa dan perangkat desa penting dilakukan karena sangat berdampak bagi kinerja mereka.

Peningkatan SDM melalui pelatihan, bimbingan teknis serta pendampingan merupakan kebutuhan perangkat desa seiring perubahan paradigma penyelenggaraan di pemerintahan desa, disamping itu banyak perangkat desa yang baru diangkat dengan latar belakang pendidikan yang bervariatif.

ehingga memang perlu adanya pelatihan atau pun bimtek ini, dan diharapkan keberlanjutannya kepada semua perangkat sesuai tugas dan tanggungjawab pemerintah desa yang terus meningkat,” ujar Camat Masamba.

Diakui Saleh Camat Masamba, dengan leadership and team building out bont training ini, pelatihan dan Bimtek bagi perangkat desa sudah sesuai amanat Permendagri 83 tahun 2015, bahwa perangkat desa yang baru diangkat wajib mengikuti pelatihan. Peluang atau terobosan anggaran untuk kegiatan pelatihan/bimtek bisa bersumber dari APBN, APBD, APBDes, bahkan dari pihak ketiga.

“Harapannya, kegiatan pelatihan bimtek ini Camat Masamba mengikut sertakan 12 desa sedang Jecamatan Malangke Barat 13 desa, dan harus terus dilakukan secara berkala layaknya kepada PNS atau karyawan swasta agar ke depan aparatur desa mampu meningkatkan kinerja, disiplin, kemampuan manajerial dan profesional,” tegasnya.

“Makanya pelatihan atau bimtek sangat mendukung dalam rangka peningkatan kapasitas perangkat desa agar lebih profesional dalam menjalankan roda pemerintahan desa,” jelas Saleh yang akrab disapa pak Wali.(sdr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar