Recent Posts

Contributors

Rismayani Syamsuddin Penggerak Budaya di Pangkep.

Minggu, 07 Oktober 2018



desakunews.id - Yayasan Badik Sulsel  memberikan penghargaan kepada Rismayani Syamsuddin yang juga ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Pangkep sebagai Pemerhati Budaya, Lembaga ini menilai Rismayani telah banyak memberikan bantuan untuk melestarikan budaya di daerah ini, terutama selama tiga tahun belakangan ini banyak merehab kuburan kuno.
Hal itu dikatakan, Jajang Andi Abbas ST, ketua Badik Celebes, Minggu (7/10) di Pangkajene, saat menghadiri pelantikan pengurus Badik Celebes cabang Pangkep. Ia mengatakan, perhatian Rismayani terhadap pelestarian budaya di Pangkep selama ini banyak yang tidak mengetahui.Apalagi, Rismayani melakoninya sendiri sebagai bentuk perhatian terhadap budaya dan peninggalan leluhur. Selain Rismayani, juga terdapat 6 tokoh lainnya yang mendapat penghargaan yang sama diantaranya Wakil Bupati Pangkep, H. Syahban Sammana.
Sementara itu, Wakil Bupati Syahban,juga mengakui banyaknya budaya di Pangkep yang sudah hampir punah. Ia mengajak semua pihak agar memberikan fokus perhatian terhadap pelestarian budaya. Misalnya tarian Bissu, jika tidak dilestarikan akan menjadi kenangan saja. Begitupula makam-makam kuno yang perlu diketahui sejarahnya sebagai bentuk pelestarian budaya.
Saat pelantikan pengurus lembaga Badik Celebes cabang Pangkep periode 2018-2021 , ditampilkan juga tarian Bissu  Dewatae. Pengurus Badik Celebes Pangkep diketuai Lukman Murtala. Lembaga Badik Celebes merupakan organisasi yang bergerak di bidang pelestarian budaya, termasuk pelestarian badik senjata khas Bugis Makassar.(hms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar